5 Cara Ampuh Atasi Masalah Susah Tidur atau Insomnia

Tidur adalah salah satu hal pokok yang menjadi kebutuhan bagi siapa saja hal ini karena dengan tidur maka kita mengistirahatkan tubuh kita setelah lelah beraktifitas sepanjang hari. Tidur yang cukup dan berkualitas akan membuat tubuh kita menjadi lebih segar dan fit. Sayangnya sebagian besar orang ternyata tidak mampu untuk tidur nyenyak pada malam hari. Hal ini disebabkan oleh berbagai macam faktor mulai dari pikiran hingga faktor suasana yang kurang nyaman pada kamar tidur.
Bagi anda yang mengalami masalah susah tidur ada baiknya menyimak 5 cara ampuh atasi masalah susah tidur atau insomnia dibawah ini :



1. Jangan tidur terlalu larut malam
Berusahalah untuk tidur tidak lewat dari jam 10 malam, kebiasaan tidur terlalu larut malam dapat membuat tubuh mengira itu adalah siklus tidur normal anda. Mulai sekarang cobalah untuk terlelap dibawah jam 10 malam, perhalan-lahan usahakan untuk tertidur semakin awal sehingga tubuh memiliki siklus tidur baru dan anda akan dapat tidur dengan nyenyak.

2. Disiplinlah!
Mungkin ada sudah berusaha untuk tidur lebih awal, tetapi anda hanya melakukannya hanya 1x dalam seminggu. Tentunya hal ini tidak akan membawa perubahan apa-apa. Mulai sekarang cobalah untuk disiplin pada diri anda sendiri. Katakan pada diri anda untuk tidur lebih awal, jangan ganggu dengan kegiatan seperti menonton tv atau bermain gadget hingga larut malam. Anda harus konsisten dan disiplin untuk mendapatkan kualitas tidur yang terbaik.

3. Ciptakanlah Rasa Nyaman
Anda harus berusaha untuk membuat kamar tidur anda senyaman mungkin, karena kalau tidak maka tidur yang nyenyakpun akan sulit di dapat. Gunakanlah pengharum ruangan dengan aroma theraphy serta setel musik-musik yang lembut adalah salah satu cara mendapatkan kenyaman di ruang tidur anda.

4. Matikanlah Lampu Serta Sumber Cahaya Lainnya
Suasana yang gelap dan hening dapat membuat rasa ngantuk datang lebih cepat sehingga andapun dapat tertidur lebih awal. Bagi anda yang takut dengan kegelapan, menggunakan lampu redup sangat disarankan daripada membiarkan lampu utama menyala ketika anda tertidur.

5. Berolahragalah yang teratur.
Tidak dapat dipungkiri olahraga adalah salah satu solusi dari setiap masalah kesehatan. Dengan berolahraga maka aliran darah dan oksigen di dalam tubuh menjadi lebih lancar. Hal ini juga akan mempengaruhi kualitas tidur anda.
Demikianlah 5 cara ampuh atasi masalah susah tidur atau insomnia. Semoga bermanfaat bagi anda yang memiliki masalah susah tidur.

Post a Comment

1 Comments